Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)

| 11 April 2012 | |
Hai hai apa kabar? ˚\( ᵔ ⌣ ᵔ )/˚
Minggu depan Chacha mau ulangan PBO nih Pemirsah, jadi sekalian review Chacha posting aja materi dari awal masuk dulu. Semoga masih inget nih...  (ʃ⌣ƪ)
Okeh, sebelum mulai belajar PBO ini ada yang harus dipersiapkan. Simak ya biar bisa, Heuheu... (⌣.⌣')\('́⌣'̀ )
1. Pastikan bahwa kalian sudah menginstal NetBeans di laptop/netbook/komputer kalian. Inget ya, jangan diinstal di HP!
2. Harus bisa baca tulis, sama ngetik pake' keyboard (meskipun patah-patah pokoknya bisa bedain deh mana huruf dan mana angka).
3. Harus tau, PBO itu apa. Ingat, tak kenal maka tak sayang...  ( ˘͡ -˘͡) 
4. Mulailah belajar sambil duduk (sambil tidur-tiduran juga boleh, tapi gak disaranin, apalagi sambil tidur beneran!) Seenaknya aja lah yang penting nyaman belajarnya.

Selanjutnya ini tujuan dari Chacha posting:

KONSEP DASAR OOP (OBJECT ORIENTED PROGRAMMING)
Bahasa Indonesia-nya adalah PBO. PBO menekankan beberapa konsep dasar sebagai berikut:
1. Kelas : Merupakan konsep dan deskripsi dari sesuatu. Misalnya "Class of Chacha" merupakan suatu unit yamg menjelaskan konsep dan deskripsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari Chacha. *Napa bahasanya mesti turunan sih!* ┐(⌣.⌣")┌
2. Object : Merupakan instance dari Class. Misalnya Class : Buku, Object-nya : Buku milik Chacha.
3. Abstraksi : Adalah cara kita melihat suatu sistem dalam bentuk yang lebih sederhana, yaitu sebagai kumpulan subsistem (object) yang saling berinteraksi. Misalnya : Mobil adalah kumpulan dari sistem, pengapian, sistem kemudi, sistem pengereman dan sebagainya.  Alat untuk mengabstraksikan sesuatu adalah Class.

4. Enkapsulasi : Yaitu mekanisme untuk menyembunyikan suatu proses dalam sistem. Ini berguna untuk menghindari interferensi dan menyederhanakan penggunaan sistem itu sendiri. Misalnya nih tombol on/off/pengaturan suhu pada remote AC. Kita tinggal pencet tombolnya aja tanpa harus mikir kenapa kalo dipencet yang ini jadinya begini, dipencet yang itu jadinya begitu. Halah, ruwet dah kalo mikir begitu... (⌣́_⌣̀) 
5. Polimorfisme : Secara bahasa dapat diartikan dengan memiliki banyak bentuk. Konsep ini terdapat dalam bahasa pemrograman seperti konstruktor yang memiliki beberapa bentuk. Selain konstruktor, konsep ini juga berlaku bagi method. Method atau konstruktor dapat memiliki banyak bentuk, dalam arti memiliki  nama yang sama namun dengan argumen yang berbeda atau dengan return type yang berbeda. Implementasi dari konsep polimorfisme adalah overloading dan overriding. Overloading adalah penggunaan satu nama untuk beberapa method yang berbeda parameter, sedagkan overriding terjadi ketika deklarasi method subclass persis sama dengan method dari superclassnya.

TEKNOLOGI JAVA DAN PERANGKAT PEMROGRAMAN
Nah, karena kali ini Chacha menggunakan Java NetBeans mungkin perlu sedikit membahas tentang teknologi dari Java dan perangkat pemrogramannya. Dikit aja yaa, Chacha taunya gak banyak. Huhu... (´▽`ʃƪ)
Java Family Suite 
1. Java Standard Edition (Java SE), untuk dekstop, client/server application 
2. Java Enterprise Edition (Java EE) untuk e-business, e-commerce web based application
3. Java Micro Edition (Java ME) untuk device yang kecil seperti handphone dan sebagainya
Perangkat Pemrograman Java
1. Compiler (Interpreter) : Java Standard Edition (JSE)
2. Code Editor : Text Code Editor (TextPad, Notepad++), Integrated Development Environment atau IDE (NetBeans, Eclipse, JCreator) 

Mungkin hanya itu saja yang dapat Chacha sampaikan pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya Chacha mohon maaf. Lain kali disambung lagi. Billahi taufiq walhidayah, wassalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh... \(´▽`)/

No comments:

Post a Comment

Newer Post Older Post

© Design 1/2 a px. · 2015 · Pattern Template by Simzu · © Content chaBAGUS