Membuat Perintah Inner Join dengan Tiga Tabel

| 21 January 2012 | |
Kali ini bahasannya inner join ya temen2, pada tau gak nih? yang gak tau minggir dulu sanaah...
◎( ̄^ ̄)====◎)>_<”) 

Pertama kita bahas dulu pengertiannya ya! Inner join (atau biasa disebut "join" saja) digunakan ketika user ingin melihat display data yang berasal dari dua tabel atau lebih yang berbeda. Ada dua cara penggabungan tabel dalam inner join ini, yaitu penggabungan dengan klausa WHERE dan penggabungan dengan klausa INNER JOIN. Kali ini yang Chacha bahas yang klausa INNER JOIN aja ya, soalnya berdasarkan pengalaman pribadi nih... OK OK...  (⌒˛⌒ ) 

Bentuk umum dari klausa inner join adalah sebagai berikut :
SELECT tabel1.*, tabel2.*
FROM tabel1 INNER JOIN tabel2
ON tabel1.PK=tabel2.FK;

Keterangan : PK = Primary Key; FK = Foreign Key
Misalnya nih Chacha punya tiga tabel, yaitu tabel Produk, tabel Harga dan tabel Daftar Harga. Tabel Daftar Harga ini merupakan tabel relasi dari tabel Produk dan tabel Harga. Nah biar tabel Daftar Harga ini bisa terisi secara otomatis maka digunakan perintah inner join (dengan syarat tabel Produk dan tabel Harga ada isinya baru tabel Daftar Harga bisa terisi). Berikut ilustrasinya :

Tabel 1. Nama : Produk; Atribut : Kode_Produk, Nama_Produk, Type_Produk
Tabel 2. Nama : Harga; Atribut : Kode_Harga, Harga_Baru, Harga_Bekas
Tabel 3. Nama : Daftar_Harga; Atribut : Kode_Produk. Kode_Harga, Type_Produk, Harga_Baru, Harga_Bekas

Perintah inner join untuk menggabungkan ketiga tabel tersebut adalah :

SELECT Daftar_Harga.Kode_Produk, Daftar_Harga.Kode_Harga, Daftar_Harga.Type_Produk, Daftar_Harga.Harga_Baru, Daftar_Harga.Harga_Bekas, Harga.Kode_Harga, Harga.Harga_Baru, Harga.Harga_Bekas, Produk.Kode_Produk, Produk.Nama_Produk, Produk.Type_Produk
FROM Produk INNER JOIN (Harga INNER JOIN Daftar_Harga 
ON Harga.Kode_Harga=Daftar_Harga.Kode_Harga) 
ON Produk.Kode_Produk=Daftar_Harga.Kode_Produk;

Kalo udah di-run ya. Pasti bisa kok, ini udah Chacha coba berkali-kali. Kalo gagal berarti caranya ada yang salah, coba aja terus sampek bisa...

Nah, kek gitu caranya gabungin tabel pakek inner join. Gampang kan? Maaf ya buat posting kali ini Chacha gak nyertain gambar, soalnya agak males yang mau bolak balik PrintScreen. Heheh... Tapi ini cukup mudah kok walaupun gak pakek gambar. Ya kan, ya donk. Hihi... (´▽`ʃƪ)

-̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸ τнäиκчöü •̸Ϟ•̸-̶̶•-̶

18 comments:

  1. terima kasih infonya ..
    kunjungi wesite kami, menjual baju gamis.

    ReplyDelete
  2. mbak seumpama untuk script phpnya bisa ditampilkan tidak?

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih kak querynya :))

    ReplyDelete
  4. terimah kasih info yg sangat membatu

    ReplyDelete
  5. http://mytambahwawasan.blogspot.co.id/2016/09/script-query-menampilkan-data-pada-3.html

    ReplyDelete
  6. mungkin bisa lebih membantu dengan link ini....http://mytambahwawasan.blogspot.co.id/2016/09/script-query-menampilkan-data-pada-3.html

    ReplyDelete
  7. thankkss kkak membantu bgt ini saya yang lg pusing ngerjain tugas 😂

    ReplyDelete
  8. kalau 4/ lebih tabel gmana?

    ReplyDelete
  9. hei kao gak ada tabelnya gimana yah ?

    ReplyDelete
  10. Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
    My blog

    ReplyDelete
  11. Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
    My blog

    ReplyDelete

Newer Post Older Post

© Design 1/2 a px. · 2015 · Pattern Template by Simzu · © Content chaBAGUS